Sabtu, 30 Oktober 2010

SISTEM INFORMASI (Mengapa Universitas Gunadarma Merupakan Suatu Sistem, Subsistem, dan Supersistem )


1.                 Mengapa Universitas Gunadarma Merupakan Suatu Sistem
Menurut Jerry FithGerald ; sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Suatu sistem terdiri dari beberapa sistem atau sistem-sistem bagian yang saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan sistem dapat tercapai. Secara Umum, pengertian Sistem Informasi adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan atau Sebuah sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin, untuk menyediakan informasi untuk mendukung  operasi, manajemen dalam suatu organisasi.
Informasi (termasuk data) adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi Universitas selain Manusia, Material, Mesin dan Uang. Sumber daya manusia, material, mesin dan uang digunakan istilah sumber daya fisik sedangkan Informasi dan data dengan istilah sumber daya konseptual. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain. Semakin besar skala operasi yang dilakukan universitas, maka semakin mengandalkan informasi dan sangat mungkin menggangap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga. Hal itulah yang menyebabkan Universitas Gunadarma disebut suatu sistem.
Pentingnya Manajemen Informasi dalam Universitas Gunadarma:
  1. Persaingan Dunia
  2. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
  3. Batas waktu yang Singkat
  4. Kendala-kendala Sosial
  5. Kemampuan komputer yang semakin baik
  6. Pengaruh Ekonomi dan Teknologi Internasional
Pada Universitas Gunadarma dalam seluruh bidang ilmu pengetahuan dapat mengembangkan sistem informasi perpustakaan agar dapat menunjang kegiatan pengembangan sumber daya manusia yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tuntutan akan pengetahuan terkini.
Perpustakaan adalah suatu sistem yang bersifat fisik, namun dikelola dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Sistem konseptual itu terdiri dari suatu pengolah informasi yang mengubah data menjadi informasi dan menggambarkan sumber daya fisik.
Kebutuhan terhadap informasi tersebut membutuhkan suatu dukungan teknologi informasi yang dapat membantu Universitas Gunadarma menempatkan berbagai referensi pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan tambahan pengetahuan yang berkualitas.
2.            Jelaskan Pula Mengapa Universitas Gunadarma merupakan suatu Supersistem dan Subsistem
Sistem Informasi sangat bermanfaat jika manajer mampu melihat unitnya sebagai suatu sistem yang terdiri dari beberapa subsistem dan berada dalam supersistem yang lebih besar.
Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem. ini berarti bahwa sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Seperti contohnya Pelayanan Perpustakaan Universitas Gunadarma, meliputi:
o   Pengadaan pustaka: pembelian, pelangganan, pencarian/pengumpulan.
o   Penyiapan pustaka: antara lain, pemberian label, dan katalogosasi.
o   Pemberian layanan: antara lain, penempatan pustaka di rak, pengeluaran pustaka untuk dipinjamkan (sirkulasi), dan seringkali pula: mencarikan pustaka atas permintaan pengguna layanan.
o   Pemeliharaan pustaka: perbaikan dari kerusakan, pemeliharaan agar tidak rusak, penyimpanan dalam media lain (misal: dari buku ke CD-ROM).
Dalam penjelasan tersebut Universitas Gunadarma dapat disimpulkan sebagai bagian dari suatu system.
                  Sedangkan Supersistem merupakan bagian sistem yang lebih besar. Contohnya : Jaringan Internet Universitas Gunadarma yaitu Ilonge. Walaupun istilah supersistcm jarang digunakan, sistem seperti ini ada. Jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu adalah supersistem.
Jaringan Internet Universitas Gunadarma yaitu Ilonge. Terdapat aplikasi yang khusus dibuat untuk kegiatan tertentu dengan server, dapat digunakan oleh user untuk terhubung ke internet melalui local network.

1 komentar: