Sabtu, 30 Oktober 2010

Pada Perusahaan Telepon Metropolitan, mencetak ribuan Tagihan per harinya


Pada Perusahaan Telepon Metropolitan, mencetak ribuan Tagihan per harinya
Apakah Tagihan tersebut merupakan Data Informasi
Kita telah menggabungkan data dan informasi dalam pengelompokan jenis-jenis sumber daya, namun keduanya tidaklah sama. Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakai.
Data merupakan bentuk yang masih mentah, belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu metode untuk menghasilkan informasi. Data dapat berbentuk simbol-simbol semacam huruf, angka, bentuk suara, sinyal, gambar, dsb. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Pada bagian ini akan dihabas tiga tipe data telekomunikasi yang utama, yaitu data rincian panggilan, data jaringan, dan data pelanggan. Data mentah kadang perlu ditransformasi untuk dapat dimanfaatkan oleh aplikasi stream data mining.
Data rincian telepon adalah informasi deskriptif mengenai panggilan telepon. Sistem akan membuat data rincian telepon untuk setiap panggilan telepon yang melalui jaringan telekomunikasi, sehingga data yang dihasilkan setiap harinya sangat besar. AT&T, perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika, menghasilkan sekitar 300 juta data rincian telepon setiap harinya.
Data rincian telepon menyimpan informasi yang menjelaskan karakteristik penting dari setiap panggilan telepon, minimal berisi nomor telepon asal, nomor telepon tujuan, tanggal, waktu, dan durasi telepon. Data rincian telepon dihasilkan secara real-time, berbeda dengan data tagihan yang dihasilkan sebulan sekali.
Setiap elemen jaringan dapat menghasilkan data jaringan, berupa pesan atau alarm, secara otomatis, mengakibatkan sangat besarnya jumlah alarm yang dihasilkan, mencapai 100.000 alarm setiap minggunya. Jaringan ringan, berupa rincian panggilan telepon, panggilan terputus, dan kualitas data. Sedangkan Tagihan, yaitu informasi finansial pada tagihan pelanggan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar